Home / SELINGAN / 8 Tempat Wajib Kamu Kunjungi di Alexandria
Foto oleh : Putra Daim

8 Tempat Wajib Kamu Kunjungi di Alexandria

Ketika banyak negara pede dengan minyaknya, Mesir pede dengan cara lain; peradabannya. Alexandria, misalnya. Sejarah kota ini dimulai pada 331 SM kala Alexander the Great menaklukkan Kekaisaran Persia dan menjadikannya ibukota Mesir sekaligus kota terbesar di Mediterania selama 1000 tahun.

Peninggalan yang bisa kita saksikan hingga kini di antaranya Cleopatra’s Palace, Bibliotheca Alexandria, dan berbagai artefak kuno yang tersimpan di museum. Selain 3 situs tadi, tentunya masih banyak lagi destinasi menarik yang dapat kita kunjungi.

Untuk mengetahui Alexandria lebih lengkap mari simak ulasan berikut:

  • Bibliotheca Alexandria

foto oleh : www.keepcalmandwander.com

Yang paling masyhur dari Alexandria adalah perpustakaannya. Bangunan yang sejarahnya sudah terkenal ini bermula dari gagasan seorang negarawan asal Athena untuk membangun perpustakaan guna penyimpan naskah-naskah penting dinasti pada abad ke-3. Setelah mencapai masa keemasannya, perpustakaan ini sempat mengalami kemunduran, dan tragisnya, perpustakaan ini pernah hancur akibat perang di era Romawi. Namun kemudian, perpustakaan dibangun kembali oleh kepala Universitas Alexandria dan rampung pada 2002.

Di dalam perpustakaan ini terdapat bermacam jenis buku dari berbagai bahasa di dunia. Selain koleksi buku, di dalamnya terdapat pula museum yang menyimpan beragam karya seni berupa lukisan dan patung. Bagian dalam bangunan perpustakaan juga memiliki arsitektur yang indah dan nyaman. Pengunjung diperbolehkan untuk membingkai setiap momen di dalamnya dengan syarat mematikan blitz dan suara kamera.

  • Qaitbay Citadel

foto oleh : Dzulfikar Kamal

Berjalan sedikit ke timur dari perpustakaan, terdapat Qaitbay Citadel. Bangunan ini masih berdiri mentereng sejak abad ke-13. Delapan meriam besar dan pemandangan megahnya benteng menyapa kala kita memasukinya. Berjalan menelusuri benteng ini akan membawa kita ke suasana 700 tahun yang lalu saat Dinasti Mamluk memerintah Mesir.

Benteng yang bersanding langsung dengan pantai ini tentu membuat pemandangan begitu cantik. Kontras coklatnya batu dipadukan dengan birunya laut, menjadi suguhan yang dapat memanjakan mata. Ada juga orang yang menawarkan jasa perahu untuk menikmati pemandangan benteng dari laut.

  • Alexandria National Museum

foto oleh : Travel Notes

Museum yang dibuka pada 2003 ini menyimpan banyak artefak zaman kuno. Tercatat, ada sekitar 1800 artefak yang ditemukan di Alexandria. Bangunan bergaya romawi ini menyimpan secara baik peninggalan masa Firaun, Yunani-Romawi, Kristen, hingga Islam. Uniknya, sesampainya di dalam museum kita akan disambut dengan dinding warna biru gelap yang merupakan warna akhirat pada kepercayaan Mesir kuno. Harta-harta orang mesir zaman dulu turut dipamerkan disini. Termasuk juga patung-patung khas Yunani yang tak kalah menarik. Museum ini menjadi representasi perjalanan Mesir hingga saat ini yang menggambarkan bahwa Mesir menjadi tanah yang diperebutkan bagi berbagai dinasti di masa lampau.

  • Montaza Palace

foto oleh : Dzulfikar Kamal

Dulunya, istana ini merupakan kediaman pemimpin Mesir dan keluarganya kala musim panas, dan kini telah dibuka untuk umum. Tempat yang dibangun bersandingan dengan Istana Salamlek pada 1932 ini terdiri dari istana dan taman. Bangunan yang memadukan arsitektur Turki dan Italia ini terlihat indah sehingga unsur renaisans terasa di dalam komplek istana ini. Taman di sekitar istana juga tak kalah menarik untuk ditelusuri.

  • Cleopatra’s Palace

foto oleh : ThisIsAfrica.me

Jika tadi kita menelusuri peninggalan-peninggalan di darat maka kali ini ada peninggalan yang terletak di dasar laut. Adalah Cleopatra’s Palace, istana yang dipercaya menjadi korban gempa bumi dahsyat pada 1500 tahun lalu yang membuat istana ini runtuh sampai ke dasar laut. Sehingga, untuk melihatnya kita perlu menyelam menjelajahi tempat ini.

Pengalaman berbeda akan terasa ketika biasanya kita di bawah laut akan melihat kekayaan biota laut. Yang menarik dari destinasi ini ialah pengunjung akan disuguhkan dengan reruntuhan-reruntuhan dan peninggalan masa Cleopatra. Pemerintah sengaja tidak mengangkat peninggalan ini ke darat agar memberikan pengalaman wisata sejarah yang berbeda. Hal ini lah yang menarik para wisatawan untuk berkunjung ke sini.

  • Stanley Bridge

foto oleh : Alexgram.eg

Stanley Bridge adalah jembatan pertama di Mesir dan menjadi salah satu ikon kota Alexandria. Jembatan yang menyeberangi laut 400 meter ini terlihat begitu menakjubkan ketika senja datang. Pengunjung dapat menikmati tenggelamnya matahari sambil menikmati kopi di kedai sekitar.

  • Souk el-Attarine

foto oleh : www.TripsInEgypt.com

Penggemar film Harry Potter pasti tidak asing dengan Diagon Alley, nah seperti itu lah gambaran dari Souk el Attarine. Pasar tradisional ini lebih dari sekedar gang sempit, didalamnya banyak sekali barang-barang bertema zaman dulu seakan-akan membawa kita pada dunia lain. barang yang ditawarkan berupa souvenir, pakaian, dan barang-barang antik dengan berbagai harga. Banyak wisatawan mancanegara mengunjungi pasar ini untuk mendapatkan souvenir khas Alexandria.

  • Street Food

foto oleh : Egyptian Street

Apabila kita lelah mengelilingi kota Alexandria, tak salah bila kita mampir ke kedai makan guna memanjakan perut. Makanan di kota ini sangat beragam. Lokasinya yang di pesisir pantai, membuat Alexandria kaya akan kuliner seafood. Alban Swessra, misalnya. Tempat makan yang wajib dikunjungi kala kita di Alexandria yaitu restoran di distrik Sidi Gaber ini. Restoran ini menyajikan berbagai macam menu seafood yang diolah dan disajikan khas kota indah ini. Ada juga Kebda el-Fallah yang menyajikan roti dan olahan hati sapi, dan restoran ini sangat terkenal di di distrik Borg el-Arab Alexandria.

Itulah delapan destinasi menarik di Alexandria yang layak dikunjungi. Selain tempat, suasana dan keramahan warga lokal juga menjadi nilai tambah dari kota ini. Selama berkunjung di kota ini jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen.

Check Also

5 Destinasi Pantai Paling Eksotis di Mesir

Kairo, kswmesir.org (22/9) Ketika mendengar nama Mesir, mungkin yang terlintas di benak kita adalah gurun …