Home / TIMTENG / Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi Meninggal di Umur 92 Tahun
sumber : http://www.alchourouk.com

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi Meninggal di Umur 92 Tahun

Kantor kepresidenan Tunisia mengumumkan Presiden Beji Caid Essebsi wafat pada Kamis di umurnya yang menginjak 92 tahun. Dalam keterangannya, upacara pemakaman presiden akan segera diumumkan.

“Telah wafat pada Kamis (25/7) pagi pukul 10.25 waktu Tunisia, almaghfurlah Presiden Republik Tunisia Muhammad Beji Caid Essebsi di Rumah Sakit Militer.”

Sebelumnya, pada Rabu malam Presiden dilarikan ke Rumah Sakit Militer setelah kondisi kesehatannya gawat darurat.

Presiden Essebsi merupakan sosok yang menonjol sejak penggulingan presiden sebelumnya, Zain Alabidin bin Ali pada 2011 lalu.

Sesuai konstitusi, ketua parlemen Muhammad Nashir akan memegang jabatan presiden sementara. Nashir sendiri mengumumkan dirinya akan menjabat sebagai presiden sementara sesuai amanat konstitusi. Dalam pidato yang disiarkan langsung oleh televisi resmi, Nashir menyerukan persatuan bangsa pascawafatnya Presiden Essebsi.

Wakil Ketua Parlemen Tunisia mengatakan Muhammad Nashir akan mengambil sumpah sebagai presiden sementara  pada pukul 13.00 waktu Tunisia. Kepala Komisi Pemilihan Umum di Tunisia mengumumkan jadwal pemilihan umum akan dimajukan dari yang sebelumnya ditetapkan pada 17 November 2019.  

“Hal ini merupakan amanah konstitusi yang mengatakan bahwa Tunisia harus memiliki presiden baru dalam jangka tiga bulan.”

Lihat Juga

Demonstrasi di Irak: Menelan 543 Nyawa, Melukai 30 Ribu Pedemo, dan Menangkap 2700 Aktivis

Berdasarkan laporan Komnas HAM Irak yang diterima kantor berita AFP Jumat kemarin (07/02/2020), tercatat sedikitnya …