Home / TIMTENG / Damaskus: Erdogan Berupaya Melindungi Kelompok-Kelompok Terorisme
Sumber foto: sana.sy

Damaskus: Erdogan Berupaya Melindungi Kelompok-Kelompok Terorisme

Dilansir dari Sky News Arabia (06/02), Kementerian luar negeri Suriah mengatakan Presiden Turki Recep Tayep Erdogan berupaya melindungi kelompok-kelompok terorisme yang disusupkan ke Suriah.

Hingga saat ini, Turki memberikan beragam bentuk dukungan terhadap kelompok-kelompok ini, yang pada suatu waktu akan digunakan sesuai kepentingan negaranya.

Kemenlu menilai pernyataan-pernyataan Erdogan terkait pasukannya yang berada di kedaulatan Suriah malah menegaskan penilaian Suriah bahwa kebijakan Turki merupakan “Langkah pembohongan publik, penyesatan informasi, dan pengelakan dari tuduhan-tuduhan terhadapnya”. Khususnya, terkait masuknya militer Turki ke utara Aleppo yang diklaim sesuai dengan Perjanjian Adana 1998 dalam hal kontraterorisme.

Damaskus menegaskan bahwa Perjanjian Adana yang diteken Turki-Suriah pada 1998 mengharuskan Turki berkoordinasi dengan pemerintah Suriah dalam operasi militer di wilayah Suriah.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Turki tak boleh bertindak sepihak.
Kemenlu Suriah juga menerangkan bahwa Perjanjian Adana sebetulnya bertujuan menjamin keamanan batas kedua negara dan langkah melawan terorisme.

Namun pada kenyataannya, di perbatasan Suriah, Erdogan justru melindungi kelompok terorismenya yang kadung berantakan dan kalah menghadapi tentara Suriah sehingga proyek Turki di perbatasan menemui kegagalan.

Lihat Juga

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi Meninggal di Umur 92 Tahun

Kantor kepresidenan Tunisia mengumumkan Presiden Beji Caid Essebsi wafat pada Kamis di umurnya yang menginjak …