Home / SELINGAN / Matrouh-Siwa, Destinasi Wisata paling Khas Arab nan Komplit di Mesir
Kredit Foto : Haryosamatmo

Matrouh-Siwa, Destinasi Wisata paling Khas Arab nan Komplit di Mesir

Dari sekian banyak destinasi wisata di Mesir, bisa dibilang kawasan Matrouh-Siwa merupakan paket wisata yang menawarkan segala ragam keindahan alam. Mulai dari pantai, danau garam, bahkan oasis seperti yang kita lihat di kartun Doraemon, bisa kamu nikmati dengan puas.

Matrouh sendiri menawarkan beberapa lokasi pantai dan semuanya benar-benar indah. Jernihnya air dan bersihnya pasir putih dari sampah, terasa seperti kawasan wisata di Maladewa. Tak hanya itu, di salah satu pantai Matrouh kamu juga dapat menyaksikan Pemandian Ratu Cleopatra yang fenomenal itu.

Jika Matrouh menawarkan wisata bahari, maka Siwa-lah yang bakal memanjakanmu dengan keindahan alam yang masih khas tempo dulunya jazirah Arab. Sejak kedatanganmu di hotel-hotel lokal, suasana “rumah arab” seperti di film-film langsung terasa! Apalagi, pohon kurma banyak tersebar di sekitar hotel.

Biar kamu tahu seberapa indahnya Matrouh-Siwa, simak ulasan dan foto berikut ini:

  1. Pemandian Cleopatra

Pemandian Ratu Cleopatra ini berupa gua kecil dan pendek di tengah bukit batu di bibir pantai. Pemandian ini adalah lokasi pertama yang kamu kunjungi jika berwisata ke Matrouh. Di sini para pengunjung akan memasuki gua berlantunkan ombak pantai yang memasukinya. Jika kamu berani, kamu juga bisa menaiki bukit tersebut dan memotret birunya laut dari ketinggian, maupun untuk berswafoto.

Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Pantai Obayed

Berbeda dengan pantai Cleopatra yang menawarkan pemandiannya, di pantai Obayed kamu bisa menikmati wahana seperti banana boat maupun sekadar berenang dan berjemur. Tak seperti di pantai Cleopatra yang cenderung sepi, di pantai Obayed terhitung ramai dan memang difungsikan untuk asik-asik ria di pantai.

Sumber Foto : https://id.pinterest.com/CCTours/

 

  1. Pantai Ageba

Pantai Ageba biasanya menjadi pantai terakhir yang kamu kunjungi sebelum bertolak ke destinasi selanjutnya, yaitu Siwa. Jika kamu ingin berenang di pantai ini, kamu harus menuruni bukit terlebih dahulu. Namun, kalau badanmu sudah kelelahan usai menikmati pantai Obayed, kamu bisa kok menikmati pemandangan pantai Ageba ini dari atas bukit.

Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Fatnas Island

Fatnas adalah nama sebuah pulau di tengah danau yang terdapat di Siwa. Selain dipenuhi dengan pohon kurma, yang juga unik dari pulau ini ialah kafenya yang dibangun dengan material tradisional; berbahan kayu dari pohon kurma dan beratap daun-daun kurma. Di kafe ini kamu bisa meneguk beragam jus segar, khususnya jus kurma-susu. Sambil menikmati jus di kursi-kursi yang tersedia di tepi danau, matamu juga bakal disuguhi indanya matahari terbenam atau sunset.

Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Danau Garam

Situs yang satu ini merupakan salah satu ikon wisata di Siwa. Danau ini sangat luas. Ada bagian danau yang bisa kamu jadikan tempat berenang, ada juga yang berupa daratan garam yang keras seperti batu, dan ada pula yang teksturnya seperti tanah yang di sawah. Jika kamu berkunjung ke danau ini, pasti kamu bakal takjub, apalagi di Indonesia tak ada situs seperti danau garam di Siwa.

Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Kolam Cleopatra

Selain di bibir pantai di Matrouh, ternyata Ratu Cleopatra juga memiliki pemandian di Siwa. Bedanya, pemandian di Siwa ini berupa kolam sedalam lima meter berbentuk lingkaran. Selain bisa berenang di kolam ini, kamu juga bisa menikmati aneka jus segar dari kafe yang terdapat di sekitar kolam. Di kafe ini kamu juga bisa berleha-leha melepas lelah, pasalnya, kafe ini menyediakan tenda besar nan teduh, ditambah dengan bangku empuk yang lumayan nyaman.

Sumber foto : http://deltatoursegypt.com

 

  1. Amoun Temple

Sejarah candi ini bermula pada tahun 331 SM. Ketika itu Alexander the Great ingin membangun candi tempat ia meminta petunjuk kepada Dewa Amoun. Walau candi ini memiliki sejarah kuno, sayangnya kamu sudah tak bisa menikmatinya secara utuh. Alasannya, pada tahun 1811 gempa mengguncang Siwa dan menyebabkan kerusakan parah pada candi, dan kini hanya satu bagian candi yang masih tegap berdiri.

Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Oasis Bir Wahid

Oasis ini merupakan salah satu keajaiban alam yang tak bisa kamu temui di Indonesia. Bayangkan, di tengah gurun pasir ada sebuah danau dengan rumput-rumput bak ilalang menghiasi pinggirnya. Pemandangan ini mirip seperti scene di film Prince of Persia dan Doraemon the Movie. Di oasis ini pun kamu juga bisa berenang sepuasnya. Pokoknya kalau kamu ke Siwa, oasis ini tak boleh luput! Ohya, setelah menikmati oasis ini, kamu juga akan dibawa oleh pemandu menuju kolam air hangat, sekadar merendam kaki.

Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Sand Boarding dan Sunset

Jika kamu masih punya tenaga usai berenang ria di oasis, kamu bisa berseluncur di bukit pasir dengan papan skate tanpa roda. Papan ini bisa memuat dua orang. Dari atas bukit, kamu akan meluncur ke bawah hingga 50-an meter, dan tak jarang sambil terguling-guling bila lajumu tak seimbang. Namun, jangan takut. Justru guling-gulingnya itu yang bikin asik. Nah, kalau sudah main sand boarding, kamu tinggal istirahat sambil menikmati sunset dari gurun pasir yang juga perbatasan antara Libya dan Mesir.

Kredit Foto : Haryosamatmo
Kredit Foto : Haryosamatmo

 

  1. Reruntuhan Shali

Shali pada awalnya merupakan sebah kota kuno di Siwa yang dibangun pada abad ke-13 M. Selain sebagai pemukiman, kota ini dikelilingi dengan benteng yang melingkari kota. Hanya saja, sekarang kamu tak bisa menikmati bangunan asli dari Shali. Sebab, material bangunan yang tak tahan air ini luntur akibat hujan yang turun selama tiga hari tanpa henti pada 1926. Namun demikian, keindahan kota kuno ini masih dapat kamu rasakan auranya.

Sumber Foto : http://worldlist.travel/index.phtml

Itulah sepuluh keindahan alam yang bisa kamu nikmati jika berwisata ke Siwa. Selain sepuluh tadi, sebetulnya kamu masih bisa menikmati banyak situs seperti Gunung Dakrour, Museum Siwa, Jabal Mauta (Mount of the Dead), dan banyak pemandian-pemandian dengan mata air asli.
Jangan lupa, biar kamu punya kenangan selain foto-foto, belilah beberapa souvenir khas Siwa seperti aneka kerajinan tangan berbahan garam padat yang diambil langsung dari danau garam :*

Lihat Juga

5 Bahaya Penggunaan Wadah Berbahan Plastik

Musim panas memang mengharuskan kita untuk selalu membawa air minum ke mana-mana. Maka dari itu, …